Agus Lenyot

Saat Akun Facebook Diretas

Posted in Kontemplasi by Wayan Agus Purnomo on September 26, 2011

Sebuah mention di Minggu pagi masuk ke twitter saya dari teman sekolah dulu. Katanya: FBmu kok berubah nama jadi Gusa Aja. Jualan pula. Intinya seperti itu. Jdeer! Berita apa pula ini?

Alamak! Saya sudah menduga, FB saya kena hack dari penjual produk elektronik yang sangat abuse di dunia maya. Buru-buru saya hidupkan laptop. Benar saja. Saya tidak bisa login ke akun FB. Email dan password sudah diganti oleh sang peretas. Alarm bahaya meraung-raung di kepala saya.

Ini peretas facebook saya

Panik. Meski beberapa waktu terakhir saya jarang update FB, saya tetap butuh karena di sana ada ribuan kawan. Sebagian kawan lama. Sebagian kawan yang benar-benar maya. FB juga saya pakai untuk pamer foto setelah liburan.

Saya berusaha tetap tenang. Pengalaman beberapa kawan yang sudah diretas, FB mereka tidak pernah kembali. Harus membuat akun baru. Saya mencoba siap dan ikhlas dengan kemungkinan ini.

Saya lihat ada satu akun aneh yang menjadi teman di FB. Saya tidak pernah menerima dan meminta akun ini menjadi teman. Saya cek, ternyata akun ini adalah toko elektronik dunia maya. Sekadarpemberitahuan, sejak beberapa waktu terakhir saya tidak pernah meminta pertemanan di FB. Saya juga hanya menerima permintaan pertemanan dari orang yang saya kenal.

Inilah tampilan Facebook saya *pamer*

Hal pertama yang terpikir di kepala saya adalah meminta si peretas untuk mengembalikan akun saya. Tapi saya berpikir, kayaknya nggak mungkin ada maling yang mau balikkin barang yang sudah dia curi.

Toh, saya penasaran juga dengan peretas akun saya ini. Dari tag foto produk elektronik, saya menemukan nomor kontak. Saya mengirimkan pesan singkat: tertarik dengan produk yang dia jual.

Tak berapa lama, si peretas, yang akun FBnya bernama Rullah Hidayat, menelepon balik. Dia menawarkan sejumlah produk dengan harga miring. Menurut dia, barang itu asli tapi selundupan dari Singapura. Dia mengaku berdomisili di Batam. Oke, si peretas sudah ketahuan. Kepada si peretas, saya berjanji akan membeli puluhan produk. Dia antusias. Pada titik ini, paling tidak saya tahu siapa peretas akun saya.

Saya lalu minta bantuan ke beberapa kawan yang saya anggap pakar di bidang teknologi. Oleh beberapa kawan, saya disarankan menghubungi tim facebook. Saya menemukan titik terang. Saya sadar, basis layanan sosial media adalah surat elektronik. Setiap pemberitahuan terhadap perubahan identitas atau pesan keamanan pasti ada pemberitahuan ke surel ini. Beruntung, saya menggunakan email di google mail. Setiap email saya kelompokkan berdasarkan alamat pengirim. Jadi lebih gampang melihat asal email. Istilahnya di filter.

Benar saja. Ada satu email pemberitahuan dari Tim FB tentang permintaan dari satu akun surel soal perubahan nama. Dari sana, ada konfirmasi kepada pemilik email, apakah memang benar jika kita yang menginginkan perubahan itu. Di surel itu ada pilihan: jika iya abaikan. Jika tidak, ada pilihan untuk menelusuri tautan tertentu.

Saya mengklik tautan itu. Dari sana muncul pilihan: terkait kunci pengamanan. Ada dua: apakah menggunakan pertanyaan kunci atau lihat tag foto. Awalnya saya memilih tag foto. Namun di beberapa foto, ternyata justru muncul tag yang tidak jelas pemiliknya. Gagal. Nekat, saya akhirnya memilih pertanyaan kunci. Dan berhasil. FB akhirnya berhasil sembuh seperti sedia kala.

Pesan saya kepada setiap pemilik akun FB yang dibajak adalah pastikan menggunakan email yang masih aktif. Setiap perubahan terhadap akun FB pasti ada notifikasi dari Tim FB. Beberapa kawan sering tidak sadar pentingnya alamat surel. Mereka bikin email hanya untuk bikin FB atau twitter. Padahal seharusnya, bikin email yang fiks baru bikin FB. Karena basis penggunaan jejaring sosial di internet ya di email itu.

Intinya: jangan panik saat dibajak!

Tagged with: ,

26 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. imadewira said, on September 26, 2011 at 4:27

    selamat atas kembalinya akun tersebut, dan selamat juga atas pengalaman yang diapat 🙂

  2. .gungws said, on September 26, 2011 at 4:27

    selamat datang kembali,bung le..:)
    iya nih..banyak bgt yg cuek sama emailnya…padahal semua kunci ada disana

  3. kadekdoi said, on September 26, 2011 at 4:27

    hore….di tembak ulang di FB ehhh 😀 *nyengir hahahaha
    gimana ya nasib tu pedagang hape setelah kamu telpon?
    tapi ga ada niatan buat jualan hape ebneran? soale respon orang2 kemarin lumayan juga..hahahaha

  4. kadekdoi said, on September 26, 2011 at 4:27

    hore….di tembak ulang di FB ehhh 😀 *nyengir hahahaha
    gimana ya nasib tu pedagang hape setelah kamu telpon?
    tapi ga ada niatan buat jualan hape beneran? soale respon orang2 kemarin lumayan juga..hahahaha

    oiya foto yg pas kena hack dipasang juga.
    foto sebelum dan sesudah di hack 🙂

  5. TUKANG CoLoNG said, on September 26, 2011 at 4:27

    syukurlah bro bisa balik lagi.. 🙂

  6. Cahya said, on September 30, 2011 at 4:27

    Ho ho…, ya ya, biasanya juga begitu, asal ndak alamat surat elektroniknya ikutan dibajak saja :).

  7. rana parabajing bhilqhist said, on Oktober 21, 2011 at 4:27

    fb gwe blm ktmu
    tolong di bantu dong

  8. hariiz nagsnepel said, on November 25, 2011 at 4:27

    akun saya direntas

  9. basuhie khiirekz said, on Desember 21, 2011 at 4:27

    kenapa saya tidak pernah masuk ke akun saya?
    Padahal email dan kata sandi saya sudah benar.

    • basuhie khiirekz said, on Desember 21, 2011 at 4:27

      bagaimana caranya saya bisa masuk ke akun saya lagi?
      Padahal akun saya sudah diretas

      • Agus Lenyot said, on Desember 24, 2011 at 4:27

        cek di email bro. biasanya ada pemberitahuan permintaan perubahan dr tim fesbuk jika ada email baru yang meminta. dari sana tinggal ditelusuri. gampang kok caranya karena fesbuk semakin ketat untuk menjaga pengamanan usernya. gudlak!

  10. Ayu said, on Desember 30, 2011 at 4:27

    Gilaa, 3 akunq dibjak orang..huh sbel gmana cr mengatasinya..

  11. amy uzuki said, on Maret 8, 2012 at 4:27

    akun q di pakai orang buat memalsukan identitasnya 😥 saya sudah melapor tapi saya tdk tau hasilnya n ap yg akan terjadi kok g ad perubahan???

  12. Jessica Maeleod said, on Maret 20, 2012 at 4:27

    http://www.facebook.com/profile.php?id=100003274483084&sk=wall ini bukan orang yg meretas facebok anda :DD

  13. Rachmat hidayat said, on Oktober 13, 2012 at 4:27

    Giliran akun saya kena bajak 1hari kemarent.. Udah beberapa cara saya coba namun belum ada hasilnya. Saya minta bantuan teman-teman shering tentang cara buka facebook yg sudah diretas orang yg tidak bertanggung jawab. Terimakasih..

  14. sita prahayu said, on Januari 13, 2013 at 4:27

    akun facebook saya di ganti sandinya sama pihak lain, stelah itu facebook-nya dinonaktifkan..
    tapi saya masih bisa masuk yahoo lewat email facebook saya, pertanyaan saya bagaimana menghidupkan atau mengembalikan facebook yang dinonaktifkan oleh pihak lain sedangkan kita tidak tahu sandinya..???
    plisss bantuannya,, trimakasih…

    • Agus Lenyot said, on Januari 16, 2013 at 4:27

      asalkan alamat email tidak berubah, akun facebook tetap bisa diaktifkan. di kotak masuk, selalu ada pemberitahuan dari facebook mengenai semua perubahan yang dilakukan. cek aja email dari facebook satu per satu.

      • sita prahayu said, on Februari 26, 2013 at 4:27

        alamat email tdk brubah, trus email masuk bnyk bnget,, masa mau d cek satu” lama dong… trus gmn cara aktifin akun fb

      • poetra hery said, on Januari 5, 2014 at 4:27

        mas gimana ya caranya ya fb q di retas

  15. 83r@84q71 said, on Januari 30, 2013 at 4:27

    ya kadang, emang bikin pusing bila ada yg retas…

  16. urrevha said, on Februari 15, 2013 at 4:27

    Fb aq emailnya ada yang rubah dari urevha.cactuz@gmail.com jadi dio.reyz@yahoo.com
    bantu dong ga bisa masuk nih

  17. Zifhana Rizky Aulia said, on Maret 18, 2013 at 4:27

    keren pengalamanya bro…
    fb aku juga pernah di retas,,, vi sukur dah bisa balik lagi ,, bukan usah a sendiri sih abang tukang warnet yanng bantu aq

  18. Rezki Nanda said, on April 21, 2013 at 4:27

    akun fb saya baru saja di-retas kemaren, alhamdulillah akun saya sudah kembali lagi ke saya.., artikel ini sangat membantu saya mengembalikan akun fb saya..,

    terima kasih gan atas informasinya..,

  19. anita sahara said, on Juli 23, 2013 at 4:27

    tolong bantu,akun saya di RETAS utk fb Anita Sahara

  20. Ziee eziy said, on Juni 20, 2014 at 4:27

    Akun saya sampai sekarang gak balik2 dulu sempet otak-atik suruh nunggu 48 jam alhasil pinter yg ngretas trus diganti emailnya juga kata pengaman… Jd skrg bikin akun baru

  21. rosaliaagustin said, on Juli 4, 2014 at 4:27

    assalamu’alaikum, akun saya juga d retas sama orang, sudah segala cara dilakukan tapi tidak bisa…
    email akun fb saya sudah d ganti, gimana mas solusinya?
    terima kasih…


Tinggalkan Balasan

