Agus Lenyot

Tentang Apa Itu Gdubrak.com

Posted in Kontemplasi by Wayan Agus Purnomo on April 14, 2012

Gdubrak.com

Aku mulai tulisan ini dengan curhat saja. Nggak penting sih. Terakhir kali ngeblog pada pertengahan Februari lalu. Setelah itu, praktis rumah ini tidak ada tulisan baru lagi. Jadi merasa bersalah. Tapi semua itu bukan tanpa sebab kok. Selalu ada alasan dibalik setiap permintaan maaf. Begitu juga aku. Kenapa blog ini jarang ditulis, ya karena ada kesibukan lain yang harus dikerjakan.

Sejak akhir Februari, aku dan beberapa kawan punya ide sederhana. Idenya begini: kami pengen buat sesuatu yang menyangkut remaja di Bali. Baik itu tren, musik dan dunia remaja lain yang menyangkut Bali. Ide disepakati. Akhir Februari, aku, Krisna Murti dan Kadek Doi ketemu. Ngobrol ngalor ngidul soal merealisasikan ide ini. Maklum, dari dulu problem kami selalu sama. Ide banyak, eksekusi nol besar. Tapi entah kenapa tekad kami sedikit bulat saat itu.

Dari sana muncul nama Gdubrak. Kenapa Gdubrak? Entahlah, hanya itu yang muncul di kepala kami. Oia, sebelumnya aku juga sempet membentuk komunitas baca dengan nama Komunitas Gdebook. Komunitas ini nggak terlalu aktif. Personelnya sibuk urusan skripsi dan aku sendiri harus merantau ke Jakarta. Barangkali karena nggak jauh-jauh dari nama itu sehingga muncul nama Gdubrak. Kadek Doi sempat memunculkan nama KrikKrik. Tapi nama itu kurang menjual. Hahaha. Sok banget dah.

Setelah nama Gdubrak muncul, kami lalu bikin konsep. Tidak perlulah kami ceritakan bagaimana proses pembuatan konsep itu berjalan. Yang pasti, hanya ditemani teh dan milo hangat di dinginnya Veranda Café. Hasil gagasan kami bisa dilihat di sini. Tapi waktu itu kami masih bingung, harus ada orang yang bisa diajak kerjasama lagi. Muncullah nama Gung WS dan Estalita. WS kebetulan mengaku tertarik dengan gagasan ini. Gayung bersambut, jadilah akhirnya kami membuat blog Gdubrak.com, @twitgdubrak dan fanpage Gdubrak.com.

Inilah yang membuat blog pribadi ini agak terbengkalai. Diskusi-diskusi untuk mengisi materi di Gdubrak.com membuat waktuku lumayan tersita. Belum lagi pekerjaan utamaku yang memang selalu menuntut deadline setiap hari. Jadilah akhirnya aku harus memikirkan tiga tulisan dengan style yang berbeda. Salah satu harus dikorbankan. Pekerjaan nggak mungkin aku korbankan. Mau makan apa di Jakarta? Terpaksa, blog ini menjadi prioritas ketiga. Puk puk puk…

Balik lagi ke Gdubrak.com. Kami tidak pernah tahu akan jadi seperti apa blog ini. Waktu itu yang ada dalam pikiran kami, kami harus mewujudkan gagasan kami dalam benda nyata. Kami ingin ada sesuatu yang bisa diceritakan suatu saat kelak. Bahwa kami pernah membuat sesuatu yang bernama Gdubrak.com. Apakah ini ikut-ikutan? Boleh saja mengatakan seperti itu. Kami kan generasi yang melek teknologi. Kami juga tidak peduli tentang ini: perkara akan mati atau terus bertahan, itu akan tergantung pada komitmen dan tenaga kami untuk saling menjaga dan mengingatkan.

Kebetulan aku punya minat tinggi terhadap dunia kreatif. Ya salah satunya dunia virtual ini. Aku juga ingin menuangkan gagasan-gagasan konyol yang tidak mungkin aku salurkan di blog pribadi atau bahkan media tempatku bekerja. Jadilah, Gdubrak.com menjadi semacam pelampiasan. Oia tulisan-tulisan di Gdubrak.com bukan melulu tulisanku kok. Itu adalah gagasan bersama. Jangan heran gaya dan idenya lompat-lompat. Random abis dan mungkin sedikit garing. Begitulah, kami masih terus belajar menulis. Kalau kalian punya tulisan remeh temeh tentang dunia remaja, silakan kirim ke kotaksurat@gdubrak.com yaa. Kami terima dengan lapang dada.

Gdubrak.com juga sudah diluncurkan secara sederhana di Danes Art Veranda pada 31 Maret lalu. Aku khusus datang dari Jakarta untuk menghadiri acara ini (meskipun efek sampingnya aku harus kere mendadak gara-gara salah beli tiket pesawat ). Meskipun uang melayang, aku senang dengan respons teman-teman yang datang ke acara itu. Untuk review acara bisa dilihat di tulisan ini. Sedangkan keriuhan acara bisa disimak lewat foto-foto ini.

Dalam perjalanan, Gdubrak.com lumayan mendapat sambutan. Setidaknya dalam pikiranku. Sebulan sejak diluncurkan, statistik memang belum tinggi-tinggi banget. Tetapi juga tidak mengecewakan. Yang pasti sudah menyentuh angka 4 digit. Tapi tujuan utama bukan itu. Kami, atau setidaknya aku, hanya ingin bersenang-senang dengan tulisan. Masih banyak yang harus diperbaiki.

Blog ini baru berusia sebulan lebih. Aku sangat berharap teman-teman memberikan input, kritik, masukkan atau saran untuk menjaga keberlangsungan blog ini. Perjalanan masih panjang. Aku berharap, masih tetap bersemangat untuk menjaga stamina dan dinamika.

Ada banyak ide yang belum terwujud dan sudah menanti untuk dieksekusi. Apa saja? Lihat saja tanggal mainnya. Kami berharap, Gdubrak.com selalu menghadirkan kejutan untuk kita semua. Diterima atau tidak diterima, kami merasa sudah menuliskan sesuatu. Yeaaah!

Selamat datang Gdubrak.com. Jangan lupa ya main-main ke sana.

ps: mulai sekarang janji deh lebih rajin nulis di blog ini :p

Iklan

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. budiastawa said, on April 14, 2012 at 4:27

    Siip, Gus. Saya sudah berkunjung ke Gdubrak.Com. Mantap abiz. Gali terus prestasi adik-adik kita yang berprestasi…. Dua jempol.

    • Agus Lenyot said, on April 14, 2012 at 4:27

      makasi banyak bli. Iya nih, Jarang ngeblog dan blogwalking gara2 nggak sinkron antara waktu dengan koneksi internet. Mulai besok, kembali rajin berselancar ke blog2 keren. Cari inspirasi…

  2. Fendy Sutrisna said, on Juli 13, 2012 at 4:27

    Klo pemain di belakang layarnya http://theposkamling.com/ ada 4 orang, 1 orang di Jepang, 1 orang di Korsel, 1 orang di Brunei, 1 orang di Batam…
    Hehehehee…
    Ayooo.. Ayooo.. kita bersinergi… 😀

    • Agus Lenyot said, on Juli 14, 2012 at 4:27

      Dahsyat. Aku sudah baca The Post Kamling. Keren memang, risetnya lebih tajam.
      Kalo gdubrak, masih iseng-iseng aja. Apalagi sekarang laju Gdubrak lagi tersendat. Hehe.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: