Agus Lenyot

Sebuah Peringatan pada Zona Nyaman

Posted in Kontemplasi by Wayan Agus Purnomo on Mei 20, 2013
Penginapan.

Penginapan.

Hmmm, ketika kita terjebak pada rutinitas yang berlangsung terus-menerus, kebiasan yang diulang-ulang, kehidupan yang begitu-begitu saja, ada baiknya sesekali beraktivitas yang menyimpang dari pola itu. Sekadar pengingat bahwa hidup terlalu indah jika hanya dijebak pada rutinitas yang (mungkin) membosankan.

Tapi apa daya, zona nyaman kadang menjebak dan kerap menjerat hidup kita. Hidup adalah melawan takut, juga rasa takluk. Padahal, menyimpangi rutinitas akan mengingatkan kita: ada banyak hal besar di depan kita. Mau dan mampukah kita beranjak dari hari ini.

Jadi?

Sebenarnya sederhana banget. Jumat-Sabtu pekan lalu kantor mengadakan acara teambuilding di Kawasan Masigit Kareumbi, Garut. Tentu saja, meninggalkan Jakarta, menuju pedesaan adalah hal menyenangkan. Bayanganku, lokasi kegiatan adalah pedesaan yang dikeliling kebuh teh, gemericik air sungai dan kabut yang menyelimuti pagi. Atau tidur di penginapan yang hangat dengan air panas yang siap membasuh kulit. Sedap!

Tapi eh tetapi..

Pertarungan pertama perjalanan ini adalah naik truk bak terbuka milik TNI Angkatan Laut. Kalau hanya sampai Bogor dengan durasi perjalanan selama satu dua jam sih nggak masalah. Tapi, perjalanan ini memakan waktu lima jam. LIMA JAM! Ya sudahlah, toh hampir sembilan tahun aku nggak pernah mencicipi naik truk lagi.

Liputan biasanya duduk di mobil berpendingin, mbak-mbak wangi dan makanan berlimpah ruah. Dengan berselimutkan asap knalpot, perut yang terguncang dan pantat kram karena pantat yang beradu dengan kayu, kita akhirnya sampai di lokasi.

Tempat kegiatan bukan di pedesaan yang dikeliling kebun teh. Fantasi pertama langsung luntur dari benak. Kami dilempar ke sebuah kawasan konservasi. Sebenarnya sih sebuah hutan alami yang mengalami pembalakan liar. Hutan ini kini dihijaukan kembali dengan pohon pinus yang menjulang tinggi oleh Wanadri.

Karena berada di hutan, jangan harap ada yang namanya internet. Eh jangankan internet, sinyal telepon saja nggak ada. Hmmm, sesekali menjauh dari informasi itu menyenangkan. Aku memaknainya sebagai sebuah perenungan, kontemplasi tentang harapan, kehidupan dan keberanian menaklukkan sesuatu yang baru. Mengingatkan bahwa tidak ada yang mudah untuk mencapai sesuatu yang jauh dan berharga. Di alam nyata kita menyebutnya sebagai cita-cita.

Ada masih banyak mimpi yang harus kita kejar, jalan yang mesti kita buka dan harapan baru yang mesti kita nyalakan…

Ah, daripada banyak omong nikmati saja melalui foto-foto di bawah ini. Semuanya diambil dari Istman Musaharun. Yo!

Berbagi keceriaan.

Berbagi keceriaan.

Tenda jingga.

Tenda jingga.

Rumah panggung.

Rumah panggung.

Jalan pulang.

Jalan pulang.

Perkebunan.

Perkebunan.

Kompas, action!

Kompas, action!

Berusaha membuat api.

Berusaha membuat api.

Kami jawaranya!

Kami jawaranya!

Pepohonan.

Pepohonan.

Hijau!

Hijau!

Bersiap pulang.

Bersiap pulang.

Yes, we are hero!

Yes, we are hero!

Iklan

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. oka said, on Mei 20, 2013 at 4:27

    Keren skali nyot. Info kalau pulang.
    Oya.. perut kayak mau beranak tohh… 😀

    • Agus Lenyot said, on Mei 20, 2013 at 4:27

      sekarang dalam proses pengecilan perut. siap, ka. mungkin september akan pulang lagi ke bali.

  2. a! said, on Mei 21, 2013 at 4:27

    wah, lama banget ga mengalami team building outdoor begini. kalau tak salah terakhir skt 2009 silam di sekitar danau buyan. baca tulisan ini plus foto2nya jd pengen lagi.

    itu foto2 keren, nyot. tulisanmu saja yg pd bagian awal heroik banget. hahaha..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: